Perbedaan IP Public dgn IP Static

Jumat, April 6th, 2012


IP Public itu lawannya IP Private. Sedangkan IP Static itu lawannya IP Dynamic.

IP Public bisa static, bisa juga dynamic.
Demikian juga IP Private, bisa static, bisa juga dynamic.

IP Public adalah IP yang bisa diakses langsung oleh internet. Analoginya IP Public itu seperti anda memiliki nomer telepon rumah atau nomer HP yang bisa ditelepon langsung oleh semua orang.

Sedangkan IP Private biasanya digunakan dalam jaringan yang tidak terhubung ke internet atau bisa juga terhubung ke internet tapi melalui NAT. Analoginya IP private itu telepon lokal dalam kantor/hotel yang bisa buat telepon-teleponan gratis dalam satu gedung. Nah kalo ada orang yang mau telepon harus lewat operator dolo (NAT) karena nomer telepon publicnya cuma satu (hunting).

IP Private yang biasa di gunakan pada area LAN atau juga bisa di gunakan sebagai Area Intranet.contoh : intranet yang di gunakan oleh Departemen Pajak.IP yang di gunakan sebagai IP Private adalah

Kelas A
10.0.0.0
10.255.255.255

Kelas B
172.0.0.0
172.255.255.255

Kelas C
192.0.0.0
192.255.255.255

IP Public adalah IP yang biasanya terhubung oleh Jaringan Luas (internet),IP dynamic yang di terima dari ISP atau Penyedia jasa hosting dan jika di ganti dengan IP private maka kita tidak bisa terhubung ke internet.IP private dapat di route ke internet melalui proxy atau router kalau tidak bagaimana komputer dalam jaringan yang menggunakan proxy
dapat terhubung ke internet. Apalagi jika menggunakan transparent proxy dapat dilihat hops routing-nya dengan menggunakan perintah tracert dari command prompt.

Nah kalo IP Dynamic itu berarti alokasi IPnya bisa berubah-ubah. Biasa menggunakan DHCP server. Di setting komputer anda bisa pake setting automatic.

Kalo IP static ya sesuai namanya, dia tetap. Di komputer biasa di set manual.

Untuk Speedy. Speedy menggunakan IP Public & Dynamic
Setiap anda connect, anda akan dapat satu IP public secara random. Jika anda membuat home server dengan menggunakan speedy yah koneksi speedy nya jangan sebentar-sebentar anda putus. Ntar yang mengakses server anda bingung karena IPnya gonta-ganti mulu.
sumber http://sumberinformasiku.info

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: